Senin, 01 April 2013

Pentingnya pendidikan karakter


Belum bisa dikatakan sekolah yang baik jika karakter lingkup yang berada di dalamnya tak sebaik karakter yang dianjurkan. Jika dikatakan IQ seseorang besar pengaruhnya dimasa mendatang, maka lain cerita jika anggapan bahwa yang menetukan kesuksesan itu bukanlah IQ dan EQ saja melainkan SQpun mengambil peranan penting. akan berbeda jika orang yang tumbuh dengan IQ yang baik namun tak bisa menghargai sekitar apatah lagi mampu menampilkan karakter sebagai model yang terbaik. berbicara SQ maka kita berbicara nilai. Nilai bagaimana sebuah transfer yang akan berlaku jangka panjang. Untuk generasi juga untuk kita sendiri.
          Setiap sekolah akan mengusung nilai. Entah nilai akademik secara faktuil atau malah justru mencari nilai lebih yang mampu menunjukkan karakter terbaik. orang tua adalah peneliti yang bergerak bukan sekedar memberikan generasinya pendidikan yang layak melainkan juga dituntut jeli untuk memberikan nilai karakter sebagai dasar bagi generasinya. Maka wilayah ini bukan lagi berbicara antara guru-siswa-orang tua. Melainkan juga nilai output yang ada di sekolah tersebut. Tentang bagaimana pentingnya membangun pendidikan karakter bagi generasi. Alangkah bangganya jika karakter positif anak yang di bawa ke sekolah ditransformasikan ke rumah. Bagaimana anak mengajarkan ketika minum harus duduk, waktu shalat mengajak kita atau malah meminta kita untuk menjadi imam shalatnya. Sungguh inilah nilai karakter yang semua orang tua harapkan mampu dimiliki oleh generasinya.
Awal dari membangun karakter sebuah sekolah dimulai dari tim otoritas sekolah. Mulai dari satpam hingga pucuk pemimpin. Jika karakter ini mampu dipegang dan anak selalu menyaksikan ini setiap harinya alangkah bahagianya waktu dan kesempatan yang Allah beri. Menyaksikan anak-anak menyapa lantang dengan salam hingga mengecup punggung tangan ketika pulang. Nilai atau karakter itu diharapkan tak hanya berhenti di lingkup sekolah namun juga akan terus di bawa kemanapun anak itu pergi. Hingga jika dikatakan bahwa pendidikan karakter juga bagian dari bagaimana SQ menjadi tolak ukur kesuksesan dimasa mendatang.
          Pendidikan karakter adalah model yang berusaha dikembangkan sekolah ini, berharap dari sana lahir generasi yang bukan hanya cerdas IQ, EQ saja melainkan dilengkapi dengan nilai SQ yang baik. hm…indah bukan? Betapa pentingnya pendidikan karakter sebagai dasar perkembangan generasi.
At Night 20.00 p.m
My sweet room, the real of inspiration




Tidak ada komentar:

Posting Komentar